Klub Indonesia Yang Berprestasi Di Kancah asia

Klub-Klub Indonesia Yang Berprestasi Di Kancah Asia


Piala Champions Asia dan AFC Cup adalah sebuah turnamen sepak bola antarklub Asia yang diselenggarakan oleh AFC. Kompetisi tertinggi yaitu Piala Champions Asia dan kompetisi tertinggi kedua adalah piala AFC. Turnamen ini diikuti 32 klub sepak bola yang berasal dari 10 liga sepak bola terbaik di Asia. Indonesia memiliki beberapa klub yang mampu berprestasi di kancah piala champions asia maupun piala AFC. berikut daftar dari tahun ke tahun :

1.      Persib Bandung – Liga Champions Asia 1995/1996
Pada tahun 1995, Persib berhasil menjadi jawara Ligina 1 dan berhak mengikuti Piala Champions Asia. Persib mampu lolos hingga ke babak perempat final. Namun sayang perjuangan persib hanya sampai sini setelah menelan secara beruntun dari klub asal Korea Selatan - Ilhwa, Tahiland - Thai Farmers Bank, dan klub asal jepang - Verdy Kawasaki.
Persib Bandung di Liga Champions Asia


2.      PSM Makassar – Liga Champions Asia 2000/2001
Klub kebanggan warga Makassar ini berhasil menjadi juara Divisi Utama Liga Indonesia pada musim 1999/2000 setelah mengalahkan Pupuk kaltim di babak final dengan skor 3 -2 di Stadion gelora Bung Karno. Hasil tersebut mengantarkan PSM Makassar tampil di Piala Champions Asia musim 2000/2001. PSM mampu tampil meyankinkan dengan menggebuk klub asal Vietnam (Song Lam Nghe An F.C.) dengan agregat 4-1. Juku Eja kembali tampil menggila dengan menggilas klub Thailand (Royal Thai Air Force) dengan agregat 11-1. Namun performa tim berjuluk Juku Eja gagal menunjukkan performa apiknya di babak perempat final dan harus rela menghuni dasar klasmen.
PSM Makassar Di Liga Champions Asia


3.      Arema Indonesia – AFC Cup 2012
Indonesia mengirim perwakilannya ke AFC Cup dari gelaran Indonesian Premier League (IPL) yaitu Arema Indonesia yang menjadi Runner Up. . Tim asal Kota Apel itu tersingkir di babak perempat final setelah menelan kekalahan dua kali dari klub asal Arab Saudi, Al Ettifaq. Meski tersingkir, pelatih Arema, Dejan Antonic mengaku puas melihat penampilan anak asuhnya.
Arema Indonesia Di AFC Cup 2012


4.      Semen Padang – AFC Cup 2013
Musim 2012/2013 Semen Padang FC bermain di Indoneisa Premier League dan berhasil menjadi jawaranya. Tim berjuluk Kabau Sirah berhak mewakili Indonesia di ajang AFC Cup musim 2013. Namun langkah Kabau sirah hanya sampai babak perempat final karena dihentikan oleh klub asal India, East bengal FC dengan agregat 2-1.
Semen Padang Di AFC Cup 2013


5.      Persipura Jayapura – AFC Cup 2014
Juara Liga Super Indonesia 2013 ini tampil apik di ajang AFC Cup musim 2014. Penampilan anak asuh Jacksen F Tiago pada saat itu dianggap sebagai yang terbaik yang pernah ditunjukkan oleh wakil asal Indonesia yang mampu mengalahkan juara bertahan Kuwait SC. Namun impian Persipura Jayapura melaju ke final Piala AFC digagalkan oleh Al Qadsia SC. Tim berjuluk Mutiara Hitam tersebut menelan kekalahan telak dengan agregat skol 10-2
Persipura Jayapura Di AFC Cup 2014


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==