4 Fakta Ini Buktikan Messi Lebih Hebat Dibandingkan Ronaldo

Barcelona - Membicarakan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo memang tidak akan ada habisnya. Dua pemain tersebut selalu mendominasi penghargaan Pemain Terbaik Dunia sejak 2008 lalu. Tak heran hampir semua pesepak bola ingin menjadi seperti Messi atau pun Ronaldo.

Seperti halnya Harry Kane, penyerang Tottenham Hotspur tersebut ingin menjadi layaknya Ronaldo. Kane ingin dapat mencapai level penampilan seperti yang ditunjukkan oleh Ronaldo kini.
Baca Juga : Real Madrid siap buat kejutan dengan datangkan bintang Serie A pada Januari nanti

Kane menyebut Ronaldo telah sukses membuktikan kualitasnya sebagai pemain sepak bola, baik ketika berlaga untuk Real Madrid maupun saat berkostum Timnas Portugal. Karena itulah Ronaldo layak meraih Ballon d'Or.

"Ronaldo memenangkan Piala Eropa dan Liga Champions. Siapa yang tidak ingin mendapatkan trofi besar seperti itu?"

Pesepak bola yang lain adalah Eden Hazard yang ingin menggapai prestasi layaknya Messi. Gelandang serang Timnas Belgia tersebut adalah pemain kunci Chelsea dalam beberapa tahun ini.

"Messi berhasil melesatkan satu, dua, tiga gol di setiap pertandingan. Hal itulah yang harus ditiru, untuk menggapai prestasi seperti dia," ujar Hazard pada 2014.

Jika berbicara mengenai Messi dan Ronaldo memang tidak kan ada habisnya. Tapi, terdapat empat fakta yang menunjukkan Messi lebih hebat daripada Ronaldo.

Rasio Gol

Sepanjang kariernya menjadi pesepak bola profesional, Messi mempunyai rata-rata gol yakni 0,81 gol per laga. Sedangkan Ronaldo hanya 0,70 gol.

Penampilan terbaik Messi ada pada musim 2011/2012. Saat itu ia bisa mengoleksi 73 gol dari 60 laga di semua kompetisi. Itu berarti, La Pulga, sebutan Messi, dapat melesatkan 1,19 gol per laga.

Dribel

Statistik ini diambil dari musim 2009. Messi mencatatkan 7,6 dribel per laga. Tercatat, 4,5 di antaranya mampu menggiring bola dengan sukses.

Sedangkan Ronaldo hanya mampu membuat 3,6 dribel bola, tertinggal jauh dari Messi. Pemain asal Portugal tersebut hanya mampu membuat dribel sukses sebanyak 1,8 kali per laga.

Fleksibilitas

Ronaldo biasanya bermain dengan posisi sayap kanan jika memakai formasi 4-3-3 atau pun 4-3-2-1 di Real Madrid. Namun selama musim ini, ia bermain sebagai striker tengah.

Tapi kenyataannya, posisi yang berubah tersebut tak memiliki dampak baik untuk Ronaldo. Pria 32 tahun tersebut hanya mampu melesatkan satu gol dari tujuh pertandingan di La Liga musim ini. Padahal, ia telah melepaskan 48 tembakan.

Sementara itu, Messi yang sudah tak berposisi sebagai penyerang tengah, semenjak kedatangan Luis Suarez, mampu menjelma sebagai pemian sayap terbaik. Terhitung semenjak musim panas 2014, ia mampu melesatkan 153 gol dan memberikan 67 assist untuk Barcelona.

Assist

Karier Ronaldo sebagai pesepak bola profesional dimulai pada 2002, dua tahun lebih cepat daripada Messi. Namun demikian, jumlah assist yang dicatatkan Messi lebih banyak dibandingkan dengan Ronaldo.

Messi tercatat telah membuat 237 assist, 20 kali lebih banyak dibandingkan dengan Ronaldo di seluruh kompetisi. Di La Liga, Messi mencatatkan 116 assist sejak tahun 2004, sementara Ronaldo mencatatkan 82 assist sejak tahun 2009.
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==