5 Hal Menarik dari Laga Timnas Indonesia Kontra Islandia

 
Hadirnya Presiden RI, Joko Widodo bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla dan juga pejabat tinggi negara lainnya tidak cukup untuk menghindarkan Timnas Indonesia dari kekalahan ketika menjamu Timnas Islandia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (14/1/2018). Tim Indonesia kalah dengan skor 1-4 dari tim tamu.

Ini merupakan kemenangan yang kedua untuk Timnas Islandia. Hal ini artinya timnas dengan julukan Our Boys ini memiliki kemenangan mutlak dari lawatan mereka ke Indonesia.

Sebelum ini, skuat besutan pelatih Heimir Hallgrímsson ini membuat Indonesia Selection mengakui kemenangan ISlandia 6-0 pada laga eksibisi yang diadakan di Stadion Maguwoharjo, Sleman (11/1/2018).

Pada pertandingan melawan Timnas Islandia, selain ditonton langsung oleh Presiden RI, Timnas Indonesia memperoleh dukungan dari ribuan suporter setia yang memenuhi SUGBK setelah direnovasi.

Mulai Minggu siang, fans setia Timnas Garuda tersebut telah mendatangi SUGBK yang tampil menawan sebagai persiapan Asian Games 2018.

Sementara itu, terdapat hal menarik yang terjadi berhubungan dengan laga Timnas Indonesia kontra Timnas Islandia. Berikut beberapa di antaranya seperti dilansir oleh Bola.com:

1. SUGBK diresmikan pengoperasiannya kembali oleh Presiden RI, Joko Widodo

Setelah dilakukan renovasi memakan waktu lebih dari satu tahun, SUGBK kembali dibuka untuk umum. Stadion nasional Indonesia ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu sebelum pertandingan Timnas Indonesia kontra Islandia bergulir.

Presiden Joko Widodo nampak menandatangani prasasti peresmian SUGBK dengan didampingi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dan sejumlah menteri Kabinet Kerja.

Kehormatan buat Islandia

2. Islandia menjadi tim tamu asing pertama yang bermain di SUGBK yang baru

Negara kawasan Nordik ini mendapatkan kehormatan untuk mencoba SUGBK yang baru. Layaknya berita yang dilansir dari Labbola, Islandia adalah negara ke-79 yang pernah dihadapi Timnas Indonesia sepanjang sejarah. Terlebih lagi, Skuat Islandia mencatatkan diri sebagai negara Eropa ke-14 yang berhadapan dengan Tim Garuda.

3. Ilham Udin Armaiyn dan Albert Gudmundsson merupakan pemain lokal dan pemain asing pertama yang menorehkan gol di SUGBK "terbaru"

Ilham Udin Armaiyn bakal dicatat sebagai pencetak gol pertama di SUGBK terbaru. Pemain Selangor FA tersebut menorehkan gol di stadion modern berkelas dunia seperti stadion-stadion di Eropa ini pada menit ke-28.

Bukan hanya Ilham Udin, striker Timnas Islandia, Albert Gudmundsson pun menjadi pemain asing pertama yang mencatatkan dirinya menjadi pencetak gol di SUGBK yang baru. Pemain berusia 20 tahun ini menyobek gawang Timnas Indonesia yang digawangi oleh Andritany Ardhiyasa pada menit ke-45.

Islandia Merombak Tim

4. Albert Gudmundsson sang pencetak hattrick pada laga debut

Minggu malam (14/1/2018) ini akan menjadi malam istimewa buat Albert Gudmundsson. Penyerang PSV Eindhoven ini menorehkan hattrick pada laga debutnya bersama dengan Timnas Islandia senior.

Sebelum itu, pemain yang lahir pada 15 Juni 1997 bermain bersama Timnas Islandia kelompok usia, mulai U-16 sampai yang terakhir di U-21. "Waktu Albert sudah datang" begitu tulis satu netizen di antara media lokal Islandia yang menanggapi performa Albert Gudmundsson.

Masuk sebagai pemainpengganti pada babak pertama, Gudmundsson menyobek gawang Andritany pada menit masing-masing ke-45, 65 (penalti), dan ke-71.

5. Timnas Islandia merombak tim

Don't change the winning team nampaknya tidak berlaku untuk Heimir Hallgrímsson, sang pelatih Timnas Islandia. Meski menang dengan skor telak 6-0 dari Indonesia Selection, pelatih yang juga merupakan dokter gigi tersebut mengubah separuh skuat timnya ketika melawan Timnas Indonesia.

Ia cuma menyisakan 5 pemain dari starting eleven saat melawan Indonesia Selection. Lima pemain tersebut ialah Samuel Kari Fridridsson, Olafur Ingi Skulason, Arnor Ingvi Traustason, Holmar Orn Eyjolfsson, dan Andri Rúnar Bjarnason.

Hal tersebut berarti, terdapat 6 pemain baru yang dimainkan saat berhadapan Timnas Indonesia di SUGBK. Sedangkan kapten tim tetap dipegang oleh Olafur Ingi Skulason.
Baca Juga : Pelatih Islandia Kecewa Lihat Performa Evan Dimas

Sumber : bola.com
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==