Banyak Pemain Hebat yang Hancur di Barcelona

Sudah tak terhitung pesepak bola hebat yang harus merelakan kariernya tandas sesudah bergabung dengan salah satu klub terbesar di dunia, Barcelona. Berharap mampu bermain reguler dan meraih banyak gelar, mereka justru lebih banyak mengisi bangku cadangan.

Nama-nama seperti Emmanuel Petit (2000), Ricardo Quaresma (2003), Alex Hleb (2008), Alex Song (2012), gagal bersinar di Barcelona pada masa mereka. Dan yang paling anyar Ousmane Dembele, mantan pemain Borussia Dortmund itu masih mengundang banyak keraguan.

Menanggapi soal pemain-pemain hebat yang flop di Barca tersebut, Xavi Hernandez membeberkan pengalamannya selama masih berkostum merah-biru. Menurutnya, hal tersebut terkait mental para pemain yang tidak kuat menghadapi tekanan tinggi di Barcelona.

"Di sesi latihan, ketika anda melihat mereka, anda akan berkata: 'Mereka akan mengalahkan segalanya. Mereka akan menjadi legenda'," ujar Xavi dikutip dari goal.

"Tetapi tidak, begitu mereka memasuki lapangan, sepasang kaki mereka mulai gemetar dan menggigil, mereka tidak mau menyentuh bola lagi."

Karena tidak mampu mengatasi tekanan itulah mereka perlahan menghilang dari Barcelona. Pesepak bola hebat belum tentu mampu mengatasi tekanan mental di Barcelona.

"Dan saat mereka tampil semakin buruk, anda akan berpikir: Apa yang terjadi pada mereka?' Lalu perlahan mereka menghilang dari Barcelona," tandas dia.


Sumber: Bola
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==